+6281363851668 Jln Pariaman-Sicincin KM 9 Toboh Mandahiling Balah Aie Kec. VII Koto Sungai Sariak Kab. Padang Pariaman Prop. Sumatera Barat
MTs Balah Aie
Terdepan Dalam Akhlak, Unggul Dalam Prestasi.
Judul Gambar 1
Judul Gambar 1 Caption penjelasan gambar 1
Judul Gambar 2
Judul Gambar 2 Penjelasan isi gambar 2 dan shrink aktif
Home IPA

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) IPA Semester 2 (Genap) Fase D Kelas VII Kurikulum Merdeka

 



KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) FASE D KELAS VII

 

Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Penyusun                        : Erdawati, S.Pd

Satuan Pendidikan        : MTs Balah Aie

Tahun Pelajaran            : 2024 / 2025

Fase D Kelas/Semester  : VII (Tujuh) / II (Genap)


 

NO

DESKRIPSI CP

INTERVAL

Perlu Bimbingan

(0 – 69)

Cukup

(70 – 79)

Baik

(80 – 89)

Sangat Baik

(90 – 100)

1.

Bab 5 Klasifikasi Makhluk Hidup

A. Makhluk Hidup atau Benda Mati?

       Pelajar dapat membedakan makhluk hidup dengan benda mati berdasarkan karakteristiknya, serta mengumpulkan informasi tentang proses yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati.

 

 

 

 

2.

B. Mengapa Makhluk Hidup Dikelompokkan?

       Pelajar dapat menganalisis teknik pengelompokan makhluk hidup dan membuat kunci klasifikasi untuk mengidentifikasi makhluk hidup di sekitar sekolah/ rumah.

 

 

 

 

3.

C. Makhluk Hidup Beraneka Ragam

       Pelajar dapat menganalisis karakteristik khas setiap kerajaan makhluk hidup dan menjelaskan peranan makhluk hidup dalam kehidupan manusia.

 

 

 

 

4.

Bab 6 Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia

A. Bagaimanakah Pengaruh Lingkungan terhadap Suatu Organisme?

       Pelajar dapat menganalisis pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup.

 

 

 

 

5.

B. Bagaimanakah Interaksi antara Komponen Penyusun Suatu Ekosistem?

       Pelajar dapat menganalisis interaksi antar komponen penyusun suatu ekosistem.

 

 

 

 

6.

C. Apa Perbedaan Keanekaragaman Hayati Indonesia dengan di Belahan Dunia Lainnya?

       Pelajar dapat menjelaskan perbedaan keanekaragaman hayati Indonesia dengan di belahan dunia lainnya.

 

 

 

 

7.

D. Bagaimanakah Pengaruh Manusia terhadap Ekosistem?

       Pelajar dapat menganalisis pengaruh manusia terhadap ekosistem.

 

 

 

 

8.

E. Mengapa Harus Dilakukan Konservasi Keanekaragaman Hayati?

       Pelajar dapat menjelaskan pentingnya konservasi keanekaragaman hayati.

 

 

 

 

9.

Bab 7Bumi dan Tata Surya

A. Sistem Tata Surya

       Pelajar dapat menyebutkan berbagai benda langit dan mendeskripsikan perbedaannya, serta mengumpulkan informasi yang mendukung pendapat mengenai benda langit yang berpotensi menjadi Bumi baru bagi manusia.

 

 

 

 

10.

B. Bumi dan Satelitnya

       Pelajar dapat mendeskripsikan perbedaan satelit alami dan buatan, menyebutkan fungsi satelit alami dan buatan, serta mendeskripsikan akibat gerak Bumi dan benda langit lainnya terhadap fenomena alam di Bumi.

 

 

 

 

11.

C. Mengenal Matahari Lebih Dekat

       Pelajar dapat menjelaskan peranan Matahari dalam kehidupan.

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

(....................................................)

       NIP. ...........................................

 

                             , ....................... 2025

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

(Erdawati, S.Pd)

       NIP. ...........................................

 


Untuk mempermudah akses dan pemanfaatan perangkat ajar, kami menyediakan dokumen lengkap yang dapat diunduh secara langsung. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan file:


Semoga file yang dibagikan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi yang membantu dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga segala upaya dalam dunia pendidikan selalu diberi kelancaran dan keberkahan.
Komentar
Tertarik untuk mendaftar?

Dapatkan info PPDB sekarang!