Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) IPA Semester 2 (Genap) Fase D Kelas VII Kurikulum Merdeka
KRITERIA
KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA) FASE D KELAS VII
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Satuan Pendidikan : MTs Balah Aie
Tahun Pelajaran :
2024 / 2025
Fase D Kelas/Semester : VII
(Tujuh) / II (Genap)
NO |
DESKRIPSI CP |
INTERVAL |
|||
Perlu Bimbingan (0 – 69) |
Cukup (70 – 79) |
Baik (80 – 89) |
Sangat Baik (90 – 100) |
||
1. |
Bab 5 Klasifikasi Makhluk Hidup A. Makhluk Hidup atau Benda Mati? −
Pelajar dapat
membedakan makhluk hidup dengan benda mati berdasarkan karakteristiknya,
serta mengumpulkan informasi tentang proses yang terjadi di dalam tubuh
makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati. |
|
|
|
|
2. |
B. Mengapa Makhluk
Hidup Dikelompokkan? −
Pelajar dapat
menganalisis teknik pengelompokan makhluk hidup dan membuat kunci klasifikasi
untuk mengidentifikasi makhluk hidup di sekitar sekolah/ rumah. |
|
|
|
|
3. |
C. Makhluk Hidup
Beraneka Ragam −
Pelajar dapat
menganalisis karakteristik khas setiap kerajaan makhluk hidup dan menjelaskan
peranan makhluk hidup dalam kehidupan manusia. |
|
|
|
|
4. |
Bab 6 Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia A. Bagaimanakah Pengaruh
Lingkungan terhadap Suatu Organisme? −
Pelajar dapat
menganalisis pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup. |
|
|
|
|
5. |
B. Bagaimanakah
Interaksi antara Komponen Penyusun Suatu Ekosistem? −
Pelajar dapat
menganalisis interaksi antar komponen penyusun suatu ekosistem. |
|
|
|
|
6. |
C. Apa Perbedaan
Keanekaragaman Hayati Indonesia dengan di Belahan Dunia Lainnya? −
Pelajar dapat
menjelaskan perbedaan keanekaragaman hayati Indonesia dengan di belahan dunia
lainnya. |
|
|
|
|
7. |
D. Bagaimanakah
Pengaruh Manusia terhadap Ekosistem? −
Pelajar dapat menganalisis
pengaruh manusia terhadap ekosistem. |
|
|
|
|
8. |
E. Mengapa Harus
Dilakukan Konservasi Keanekaragaman Hayati? −
Pelajar dapat
menjelaskan pentingnya konservasi keanekaragaman hayati. |
|
|
|
|
9. |
Bab 7Bumi dan Tata Surya A. Sistem Tata Surya −
Pelajar dapat
menyebutkan berbagai benda langit dan mendeskripsikan perbedaannya, serta
mengumpulkan informasi yang mendukung pendapat mengenai benda langit yang
berpotensi menjadi Bumi baru bagi manusia. |
|
|
|
|
10. |
B. Bumi dan Satelitnya −
Pelajar dapat
mendeskripsikan perbedaan satelit alami dan buatan, menyebutkan fungsi
satelit alami dan buatan, serta mendeskripsikan akibat gerak Bumi dan benda
langit lainnya terhadap fenomena alam di Bumi. |
|
|
|
|
11. |
C. Mengenal Matahari
Lebih Dekat −
Pelajar dapat
menjelaskan peranan Matahari dalam kehidupan. |
|
|
|
|
Kepala Sekolah
(....................................................) NIP.
........................................... |
|
, .......................
2025 Guru Mata Pelajaran
(Erdawati, S.Pd) NIP.
........................................... |