Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Kompetensi |
Lingkup Materi |
Tujuan Pembelajaran |
Periode Rasulullah |
Peserta didik mampu menganalisis misi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Mekah dan Madinah sebagai rahmat bagi seluruh alam, sebagai inspirasi dalam menerapkan semangat ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariyah,ukhuwah Insaniyah, dan ukhuwah wathoniyah dalam kebinekaan. |
Menganalisis |
Misi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Mekah sebagai rahmat bagi seluruh Alam |
1. Menganalisis misi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Mekah sebagai rahmat bagi seluruh alam. |
Misi dan strategi dakwah Rasulullah saw. ke Madinah untuk menumbuhkan sikap ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Insaniyah, ukhuwah basyariyah dan ukhuwah wathoniyah dalam kebinekaan. |
2. Menganalisis misi dan strategi dakwah Rasulullah saw. Madinah untuk menumbuhkan sikap ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Insaniyah, ukhuwah basyariyah dan ukhuwah wathoniyah dalam kebinekaan. |
Periode Khulafaurasyidin |
Peserta didik mampu menganalisis berbagai peristiwa yang terjadi pada masa Khulafaurasyidin sebagai inspirasi dalam menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat di kehidupan masa kini dan masa depan. |
Menganalisis |
Peristiwa yang terjadi pada masa Khulafaurasyidin |
1. Menganalisis peristiwa yang terjadi pada masa Khulafaur Rasyidin sebagai inspirasi dan teladan dalam menghargai serta menghormati perbedaan pendapat. |
Periode Klasik (650 - 1250 M) |
Peserta didik mampu menganalisis perkembangan peradaban Islam di masa Daulah Umayyah, meneladani peran ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan kreativitas jiwa pembelajar, serta meneladani jiwa kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam menjunjung tinggi nilai keadilan dan prinsip demokrasi di kehidupan masa kini dan masa depan. |
Menganalisis |
Perkembangan Peradaban Islam pada masa Daulah Umayyah untuk menumbuhkan sikap optimis dan dinamis. |
1. Menganalisis perkembangan peradaban Islam di masa Daulah Umayyah untuk menumbuhkan sikap optimis dan dinamis. |
Peran ilmuwan muslim di masa Daulah Umayyah dalam menumbuhkan jiwa pembelajar yang kreatif dan inovatif. |
2. Meneladani mengevaluasi peran ilmuwan muslim di masa Daulah Umayyah dalam menumbuhkan jiwa pembelajar yang kreatif dan inovatif. |
Kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam menjunjung tinggi nilai kesederhanaan, keadilan dan prinsip demokrasi untuk kehidupan masa kini dan masa depan. |
3. Meneladani menganalisis kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dalam menjunjung tinggi nilai kesederhanaan, keadilan dan prinsip demokrasi untuk kehidupan masa kini dan masa depan. |
Menganalisis sejarah berdiri dan berkembangnya peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah, meneladani peran ilmuwan serta ulama sebagai inspirasi dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai agama demi kemajuan peradaban bangsa. |
Mengalasis |
Sejarah Peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah |
1. Menganalisis sejarah peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah untuk menumbuhkan jiwa yang optimis, kritis, dan berprestasi. |
Peran ilmuwan dan ulama pada masa Daulah Abbasiyah |
2. Meneladani mengevaluasi peran ilmuan dan ulama pada masa Daulah Abbasiyah untuk menjadi pribadi yang kritis, berpikir ilmiah, dan berpartisipasi aktif dalam kemajuan peradaban Islam. |
Periode Pertengahan (1250 M - 1800 M). |
Peserta didik mampu menganalisis sejarah berdiri dan berkembangnya peradaban Islam pada masa Daulah Ayyubiyah, meneladani peran ilmuwan dalam kemajuan peradabannya, meneladani sikap keperwiraan serta kepemimpinan Salahudin Al- Ayyubi sebagai inspirasi dalam memegang teguh prinsip toleransi kehidupan berbangsa dan bernegara. |
Menganalisis Meneladani |
Sejarah peradaban Daulah Ayyubiyah |
1. Menganalisis sejarah peradaban Islam Daulah Ayyubiyah sebagai keteladanan dalam berinovasi di era global dengan memegang teguh nilai akhlakul karimah |
Ilmuwan Pada Masa Daulah Ayyubiyah |
2. Meneladani mengevaluasi peran ilmuwan pada masa Daulah Ayyubiyah dalam memajukan peradaban Islam sebagai motivasi menjadi pribadi yang aktif, produktif, dan berpikir kritis |
Kepemimpinan Salahudin Al-Ayyubi |
3. Meneladani menganalisis kepemimpinan Salahudin Al-Ayyubi sebagai inspirasi untuk mengembangkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara |
Periode Islam di Nusantara |
Peserta didik mampu menganalisis sejarah penyebaran Islam di Nusantara, peran Wali Sanga dan pesantren dalam dakwah Islam di Nusantara, nilai-nilai kearifan lokal, serta meneladani pendiri organisasi kemasyarakatan Islam sebagai inspirasi dalam menumbuhkan dan merawat nasionalisme di lingkungannya. |
Menganalisis Meneladani |
Sejarah penyebaran Islam di Nusantara |
1. Menganalisis sejarah penyebaran Islam di Nusantara melalui pendekatan budaya yang harmonis |
Peran Wali Sanga dan pesantren dalam dakwah Islam di Nusantara |
2. Menganalisis peran Wali Sanga dan pesantren dalam dakwah Islam di Nusantara yang berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia dan budaya |
Nilai-nilai kearifan lokal |
3. Menganalisis nilai-nilai ajaran Islam yang terkandung dalam kearifan lokal nusantara sebagai media dakwah Islam |
Pendiri organisasi kemasyarakatan Islam sebagai inspirasi dalam menumbuhkan dan merawat nasionalisme di lingkungannya. |
4. Meneladani mengevaluasi peran pendiri organisasi kemasyarakatan Islam sebagai inspirasi dalam menumbuhkan dan merawat nasionalisme |