Program Semester (PROSEM) IPA Fase D Kelas VII Kurikulum Merdeka
PROGRAM SEMESTER KURIKULUM MERDEKA
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) FASE D KELAS VII
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Penyusun :
Erdawati, S.Pd
Satuan Pendidikan : MTs
Balah Aie
Tahun Pelajaran
: 2024 / 2025
FaseD Kelas/Semester
: VII
(Tujuh) / I( Ganjil)
Capaian
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D
Di fase
ini, pelajar menggunakan berbagai alat bantu dalam melakukan pengukuran dan
pengamatan serta memperhatikan detail yang relevan dari objek yang diamati.
Secara mandiri, pelajar dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk
memperjelas hasil pengamatan dan membuat prediksi tentang penyelidikan ilmiah.
Pelajar
juga merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan
referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Dalam penyelidikan yang
dilakukan, pelajar menggunakan berbagai jenis variabel untuk membuktikan
prediksi, menyajikan data dalam bentuk tabel, graik, dan model serta
menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data secara digital
atau non digital.
Di fase
ini, pelajar mengumpulkan data dari penyelidikan yang dilakukannya, menggunakan
data sekunder, serta menggunakan pemahaman sains untuk mengidentiikasi hubungan
dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah.
Pelajar
mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada, menunjukkan
kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data serta
menunjukkan permasalahan pada metodologi. Pelajar mampu mengomunikasikan hasil
penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi
Sains yang sesuai konteks penyelidikan dan menunjukkan pola berpikir sistematis
sesuai format yang ditentukan.
Pada
akhir fase D, pelajar mampu melakukan klasiikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan
karakteristik dan sifat asam-basa yang diamati. Pelajar dapat mengidentiikasi sifat
dan karakteristik zat, membedakan perubahan isika dan kimia serta
memisahkan campuran sederhana. Pelajar dapat mendeskripsikan atom dan
senyawa sebagai unit terkecil penyusun materi serta sel sebagai unit
terkecil penyusun makhluk hidup. Pelajar mengidentiikasi sistem organisasi
kehidupan serta melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ
dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada
sistem organ tersebut (sistem pencernaan,sistem peredaran darah, sistem
pernafasan dan sistem reproduksi). Pelajar mengidentiikasi pewarisan sifat dan
penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Pelajar memiliki
keteguhan dalam mengambil keputusan yang benar untuk menghindari zat aditif
dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan.
Pelajar
diharapkan mampu melakukan pengukuran terhadap aspek isis yang mereka
temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), usaha dan
energi, suhu dan kalor (termasuk isolator dan konduktor), gerak dan gaya,
pesawat sederhana, tekanan, getaran dan gelombang, pemantulan dan pembiasan
(alat-alat optik), rangkain listrik dan kemagnetan untuk menyelesaikan
tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Pelajar
mengelaborasikan pemahamannya tentang posisi relatif Bumi-Bulan-Matahari,
sistemTata Surya, struktur lapisan Bumi untuk menjelaskan fenomena alam
yang terjadi.
Pelajar
mengenal pH sebagai ukuran sifat keasaman suatu zat serta menggunakannya untuk
mengelompokkan materi (asam-basa) berdasarkan pHnya. Dengan pemahaman ini
pelajar mengenali sifat isika dan kimia tanah serta hubungannya dengan
organisme serta pelestarian lingkungan.
No. |
Alur dan Tujuan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1. |
Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah A. Apa itu Sains? -
Pelajar dapat menyebutkan cabang-cabang ilmu Sains disertaibidang yang dipelajari dan mengumpulkan serta
menyajikan informasi untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan
bidang penelitian yang sama |
3 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Laboratorium IPA - Pelajardapatmendeskripsikanperbedaanlaboratorium
IPA danruanglainnya. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Merancang Percobaan - Pelajar
dapat merancang percobaan dengan menggunakan metode ilmiah |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Pengukuran - Pelajardapatmemilihalatukur
yang tepatdigunakandalampercobaan,
melakukanpengukurandanmembacaskaladenganbenar. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. Pelaporan Hasil Percobaan - Pelajardapatmenyajikan
data percobaandalambentuktabeldangraik,
sertamenuliskesimpulandarisuatupercobaan. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Review Bab/ Tes Topik - Mengukur pemahaman pelajar terhadap materiBab I. |
1 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Bab 2 Zat dan Perubahannya A. Wujud Zat dan Model Partikel -
Pelajar dapat menjelaskan perbedaan keadaan partikel dalam zat padat,
cair dan gas sehingga memiliki sifat yang berbeda-beda. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
PerubahanWujud Zat. - Pelajar
dapat menjelaskan proses
perubahan wujud zat dalam skala partikel dan menginterpretasi wujud zat pada
suhu yang bervariasi berdasarkan data titik didih dan titik lebur. |
5 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
PerubahanFisika danKimia. - Pelajar
dapat mengidentiikasi perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari sebagai
perubahan fisika atau kimia, mendeskripsikan siklus air dan menyebutkan
tanda-tanda terjadinya reaksi kimia. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. KerapatanZat. - Pelajar
dapat menentukan massa jenis suatu benda padat, mendeskripsikan pengaruh
perbedaan kerapatan zat pada peristiwa mengapung dan tenggelam serta
membandingkan kerapatan zat cair berdasarkan percobaan atau gambar lapisan
cairan-cairan yang dicampur.. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Proyek Akhir. - Merancangpercobaanuntukmenyelidiki
factoryang mempengaruhiwaktumelelehnyaes. - Mengumpulkan
datadalampercobaan. - Menulislaporanpercobaan
(tugas dirumah). |
5 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Bab 3 Suhu, Kalor dan Pemuaian A. Suhu -
Pelajar dapat memahami konsep dan mengukur perbedaan suhu suatu benda. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Kalor - Pelajardapatmendeskripsikanperbedaansuhudankalor. - Pelajardapatmenyebutkanbenda-benda
yang memilikikalorjenis yang tinggi. - Pelajardapatmengunakanperumusanuntukmenghitungbesarkalor
yang diperlukansuatubendauntukmenaikkansuhunya. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Pemuaian - Pelajardapatmenjelaskanpengertianpemuaian. - Pelajardapatmenyebutkancontoh-contohpemuaian
yangterjadi di lingkungansekitar. |
5 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Bab 4 Gerak dan Gaya A. Gerak -
Pelajar dapat memahami konsep perpindahaan, kecepatan dan percepatan. |
4 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Gaya - Pelajardapatmendeskripsikankonsepkelembamandanresultangaya. - Pelajardapatmenyebutkanmacam-macamgaya. - PelajardapatmenunjukkanpembuktianHukum
Newton melaluipercobaansederhana yang manarik. |
6 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Jam
Pelajaran |
65 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kepala
Sekolah
(Zulfahmi.
M, S.Pd.I., S.S) NIP.
........................................... |
|
,
.............................. 2025 Guru Mata
Pelajaran
(Erdawati,
S.Pd) NIP. ......................................... |
Untuk file lengkap hingga semester genap dan mempermudah akses serta pemanfaatan perangkat ajar, kami menyediakan dokumen lengkap yang dapat diunduh secara langsung. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan file:
DOWNLOAD PROSEM IPA KELAS VII FASE D KURIKULUM MERDEKA
Semoga file yang dibagikan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi yang membantu dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga segala upaya dalam dunia pendidikan selalu diberi kelancaran dan keberkahan.