+6281363851668 Jln Pariaman-Sicincin KM 9 Toboh Mandahiling Balah Aie Kec. VII Koto Sungai Sariak Kab. Padang Pariaman Prop. Sumatera Barat
MTs Balah Aie
Terdepan Dalam Akhlak, Unggul Dalam Prestasi.
Judul Gambar 1
Judul Gambar 1 Caption penjelasan gambar 1
Judul Gambar 2
Judul Gambar 2 Penjelasan isi gambar 2 dan shrink aktif
Home IPA

Program Semester (PROSEM) IPA Fase D Kelas VII Kurikulum Merdeka

PROGRAM SEMESTER KURIKULUM MERDEKA

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) FASE D KELAS VII

 

Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Penyusun                         : Erdawati, S.Pd

Satuan Pendidikan           : MTs Balah Aie

Tahun Pelajaran              : 2024 / 2025

FaseD Kelas/Semester      : VII (Tujuh) / I( Ganjil)

 

Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D

Di fase ini, pelajar menggunakan berbagai alat bantu dalam melakukan pengukuran dan pengamatan serta memperhatikan detail yang relevan dari objek yang diamati. Secara mandiri, pelajar dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk memperjelas hasil pengamatan dan membuat prediksi tentang penyelidikan ilmiah.

Pelajar juga merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Dalam penyelidikan yang dilakukan, pelajar menggunakan berbagai jenis variabel untuk membuktikan prediksi, menyajikan data dalam bentuk tabel, graik, dan model serta menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data secara digital atau non digital.

Di fase ini, pelajar mengumpulkan data dari penyelidikan yang dilakukannya, menggunakan data sekunder, serta menggunakan pemahaman sains untuk mengidentiikasi hubungan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah.

Pelajar mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada, menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data serta menunjukkan permasalahan pada metodologi. Pelajar mampu mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi Sains yang sesuai konteks penyelidikan dan menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan.

Pada akhir fase D, pelajar mampu melakukan klasiikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik dan sifat asam-basa yang diamati. Pelajar dapat mengidentiikasi sifat dan karakteristik zat, membedakan perubahan isika dan kimia serta memisahkan campuran sederhana. Pelajar dapat mendeskripsikan atom dan senyawa sebagai unit terkecil penyusun materi serta sel sebagai unit terkecil penyusun makhluk hidup. Pelajar mengidentiikasi sistem organisasi kehidupan serta melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut (sistem pencernaan,sistem peredaran darah, sistem pernafasan dan sistem reproduksi). Pelajar mengidentiikasi pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Pelajar memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang benar untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan.

Pelajar diharapkan mampu melakukan pengukuran terhadap aspek isis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), usaha dan energi, suhu dan kalor (termasuk isolator dan konduktor), gerak dan gaya, pesawat sederhana, tekanan, getaran dan gelombang, pemantulan dan pembiasan (alat-alat optik), rangkain listrik dan kemagnetan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajar mengelaborasikan pemahamannya tentang posisi relatif Bumi-Bulan-Matahari, sistemTata Surya, struktur lapisan Bumi untuk menjelaskan fenomena alam yang terjadi.

Pelajar mengenal pH sebagai ukuran sifat keasaman suatu zat serta menggunakannya untuk mengelompokkan materi (asam-basa) berdasarkan pHnya. Dengan pemahaman ini pelajar mengenali sifat isika dan kimia tanah serta hubungannya dengan organisme serta pelestarian lingkungan.

No.

Alur dan Tujuan Pembelajaran

Alokasi Waktu

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1.

Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

A. Apa itu Sains?

-     Pelajar dapat menyebutkan cabang-cabang ilmu Sains disertaibidang yang dipelajari dan mengumpulkan serta menyajikan informasi untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama

3 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Laboratorium IPA

-     Pelajardapatmendeskripsikanperbedaanlaboratorium IPA danruanglainnya.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C. Merancang Percobaan

-     Pelajar dapat merancang percobaan dengan menggunakan metode ilmiah

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D. Pengukuran

-     Pelajardapatmemilihalatukur yang tepatdigunakandalampercobaan, melakukanpengukurandanmembacaskaladenganbenar.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

E. Pelaporan Hasil Percobaan

-     Pelajardapatmenyajikan data percobaandalambentuktabeldangraik, sertamenuliskesimpulandarisuatupercobaan.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Review Bab/ Tes Topik

-     Mengukur pemahaman pelajar terhadap materiBab I.

1 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Bab 2 Zat dan Perubahannya

A. Wujud Zat dan Model Partikel

-     Pelajar dapat menjelaskan perbedaan keadaan partikel dalam zat padat, cair dan gas sehingga memiliki sifat yang berbeda-beda.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. PerubahanWujud Zat.

-     Pelajar dapat menjelaskan proses perubahan wujud zat dalam skala partikel dan menginterpretasi wujud zat pada suhu yang bervariasi berdasarkan data titik didih dan titik lebur.

5 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C. PerubahanFisika danKimia.

-     Pelajar dapat mengidentiikasi perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari sebagai perubahan fisika atau kimia, mendeskripsikan siklus air dan menyebutkan tanda-tanda terjadinya reaksi kimia.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D. KerapatanZat.

-     Pelajar dapat menentukan massa jenis suatu benda padat, mendeskripsikan pengaruh perbedaan kerapatan zat pada peristiwa mengapung dan tenggelam serta membandingkan kerapatan zat cair berdasarkan percobaan atau gambar lapisan cairan-cairan yang dicampur..

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Proyek Akhir.

-     Merancangpercobaanuntukmenyelidiki factoryang mempengaruhiwaktumelelehnyaes.

-     Mengumpulkan datadalampercobaan.

-     Menulislaporanpercobaan (tugas dirumah).

5 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Bab 3 Suhu, Kalor dan Pemuaian

A. Suhu

-     Pelajar dapat memahami konsep dan mengukur perbedaan suhu suatu benda.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Kalor

-     Pelajardapatmendeskripsikanperbedaansuhudankalor.

-     Pelajardapatmenyebutkanbenda-benda yang memilikikalorjenis yang tinggi.

-     Pelajardapatmengunakanperumusanuntukmenghitungbesarkalor yang diperlukansuatubendauntukmenaikkansuhunya.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C. Pemuaian

-     Pelajardapatmenjelaskanpengertianpemuaian.

-     Pelajardapatmenyebutkancontoh-contohpemuaian yangterjadi di lingkungansekitar.

5 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Bab 4 Gerak dan Gaya

A. Gerak

-     Pelajar dapat memahami konsep perpindahaan, kecepatan dan percepatan.

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Gaya

-     Pelajardapatmendeskripsikankonsepkelembamandanresultangaya.

-     Pelajardapatmenyebutkanmacam-macamgaya.

-     PelajardapatmenunjukkanpembuktianHukum Newton melaluipercobaansederhana yang manarik.

6 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Jam Pelajaran

65 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

(Zulfahmi. M, S.Pd.I., S.S)

NIP. ...........................................

 

, .............................. 2025

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

(Erdawati, S.Pd)

NIP. .........................................


    Untuk file lengkap hingga semester genap dan mempermudah akses serta pemanfaatan perangkat ajar, kami menyediakan dokumen lengkap yang dapat diunduh secara langsung. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan file:

DOWNLOAD PROSEM IPA KELAS VII FASE D KURIKULUM MERDEKA

    Semoga file yang dibagikan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi yang membantu dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga segala upaya dalam dunia pendidikan selalu diberi kelancaran dan keberkahan.







Komentar
Tertarik untuk mendaftar?

Dapatkan info PPDB sekarang!