Program Tahunan (PROTA) IPA Fase D Kelas VII Kurikulum Merdeka
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA)FASE D KELAS 7
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Penyusun : Erdawati, S.Pd
Satuan Pendidikan :
Tahun Pelajaran :
2024 / 2025
Fase D Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1(Ganjil) & II (Genap)
Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D
Di fase ini,
pelajar menggunakan berbagai alat bantu dalam melakukan pengukuran dan
pengamatan serta memperhatikan detail yang relevan dari objek yang diamati.
Secara mandiri, pelajar dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk
memperjelas hasil pengamatan dan membuat prediksi tentang penyelidikan ilmiah.
Pelajar juga
merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi
yang benar untuk menjawab pertanyaan. Dalam penyelidikan yang dilakukan,
pelajar menggunakan berbagai jenis variabel untuk membuktikan prediksi,
menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik, dan model serta menjelaskan hasil
pengamatan dan pola atau hubungan pada data secara digital atau non digital.
Di fase ini,
pelajar mengumpulkan data dari penyelidikan yang dilakukannya, menggunakan data
sekunder, serta menggunakan pemahaman sains untuk mengidentifikasi hubungan dan
menarik kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah.
Pelajar
mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada, menunjukkan
kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data serta
menunjukkan permasalahan pada metodologi. Pelajar mampu mengkomunikasikan hasil
penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi
Sains yang sesuai konteks penyelidikan dan menunjukkan pola berpikir sistematis
sesuai format yang ditentukan.
Pada akhir
fase D, pelajar mampu melakukan klasifikasi
makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik dan sifat asam-basa yang
diamati. Pelajar dapat mengidentifikasi sifat
dan karakteristik zat, membedakan perubahan
fisika dan kimia serta memisahkan campuran
sederhana. Pelajar dapat mendeskripsikan atom dan senyawa sebagai unit terkecil penyusun materi serta sel sebagai unit terkecil penyusun makhluk
hidup. Pelajar mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan serta melakukan
analisis untuk menemukan keterkaitan
sistem organ dengan fungsinya serta kelainan
atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut (sistem
pencernaan,sistem peredaran darah, sistem pernafasan dan sistem reproduksi).
Pelajar mengidentifikasi pewarisan sifat
dan penerapan bioteknologi dalam
kehidupan sehari-hari. Pelajar memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan
yang benar untuk menghindari zat aditif
dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan.
Pelajar
diharapkan mampu melakukan pengukuran terhadap
aspek isis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), usaha
dan energi, suhu dan kalor (termasuk isolator dan konduktor), gerak dan gaya,
pesawat sederhana, tekanan, getaran dan gelombang, pemantulan dan pembiasan
(alat-alat optik), rangkain listrik dan kemagnetan untuk menyelesaikan
tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
Pelajar
mengkolaborasikan pemahamannya tentang posisi
relatif Bumi-Bulan-Matahari, sistem Tata Surya, struktur lapisan Bumi untuk
menjelaskan fenomena alam yang terjadi.
No. |
Alur Tujuan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Semester |
1. |
Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan
Metode Ilmiah A. Apa itu Sains? −
Pelajar dapat
menyebutkan cabang-cabang ilmu Sains disertai bidang yang dipelajari dan
mengumpulkan serta menyajikan informasi untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli
Sains dengan bidang penelitian yang sama |
3
JP |
I
(Ganjil) |
B. Laboratorium IPA −
Pelajar dapat
mendeskripsikan perbedaan laboratorium IPA dan ruang lainnya. |
4
JP |
I
(Ganjil) |
|
C. Merancang Percobaan −
Pelajar dapat
merancang percobaan dengan menggunakan metode ilmiah |
4
JP |
I
(Ganjil) |
|
D. Pengukuran −
Pelajar dapat memilih
alat ukur yang tepat digunakan dalam percobaan, melakukan pengukuran dan
membaca skala dengan benar. |
4
JP |
I
(Ganjil) |
|
E. Pelaporan Hasil Percobaan −
Pelajar dapat
menyajikan data percobaan dalam bentuk tabel dan grafik, serta menulis
kesimpulan dari suatu percobaan. |
4
JP |
I
(Ganjil) |
|
Review Bab/ Tes Topik −
Mengukur pemahaman
pelajar terhadap materi Bab I. |
1
JP |
I
(Ganjil) |
|
2. |
Bab 2 Zat dan Perubahannya A. Wujud Zat dan Model Partikel −
Pelajar dapat
menjelaskan perbedaan keadaan partikel dalam zat padat, cair dan gas sehingga
memiliki sifat yang berbeda-beda. |
4
JP |
I
(Ganjil) |
B. Perubahan Wujud Zat. −
Pelajar dapat
menjelaskan proses perubahan wujud zat dalam skala partikel dan
menginterpretasi wujud zat pada suhu yang bervariasi berdasarkan data titik
didih dan titik lebur.
|
5
JP |
I
(Ganjil) |
|
C. Perubahan Fisika dan Kimia. −
|
4
JP |
I
(Ganjil) |
|
D. Kerapatan Zat. −
Pelajar dapat
menentukan massa jenis suatu benda padat, mendeskripsikan pengaruh perbedaan
kerapatan zat pada peristiwa mengapung dan tenggelam serta membandingkan
kerapatan zat cair berdasarkan percobaan atau gambar lapisan cairan-cairan
yang dicampur. |
4
JP |
I
(Ganjil) |
|
Proyek Akhir. −
Merancang percobaan
untuk menyelidiki faktor yang mempengaruhi waktu melelehnya es. −
Mengumpulkan data
dalam percobaan. −
Menulis laporan
percobaan (tugas dirumah). |
5
JP |
I
(Ganjil) |
|
3. |
Bab 3 Suhu, Kalor dan Pemuaian A. Suhu −
Pelajar dapat memahami
konsep dan mengukur perbedaan suhu suatu benda. |
4
JP |
I
(Ganjil) |
B. Kalor −
Pelajar dapat
mendeskripsikan perbedaan suhu dan kalor. −
Pelajar dapat
menyebutkan benda-benda yang memiliki kalor jenis yang tinggi. −
Pelajar dapat menggunakan
rumusan untuk menghitung besar kalor yang diperlukan suatu benda untuk
menaikkan suhunya. |
4
JP |
I
(Ganjil) |
|
C. Pemuaian −
Pelajar dapat
menjelaskan pengertian pemuaian. −
Pelajar dapat
menyebutkan contoh-contoh pemuaian yang terjadi di lingkungan sekitar. |
5
JP |
I
(Ganjil) |
|
4. |
Bab 4 Gerak dan Gaya A. Gerak −
Pelajar dapat memahami
konsep perpindahan, kecepatan dan percepatan. |
4
JP |
I
(Ganjil) |
B. Gaya −
Pelajar dapat
mendeskripsikan konsep kelembaman dan resultan gaya. −
Pelajar dapat menyebutkan
macam-macam gaya. −
Pelajar dapat
menunjukkan pembuktian Hukum Newton melalui percobaan sederhana yang menarik. |
6
JP |
I
(Ganjil) |
|
5. |
Bab 5 Klasifikasi Makhluk Hidup A. Makhluk Hidup atau Benda Mati? −
Pelajar dapat membed |
5
JP |
II
(Genap) |
B. Mengapa Makhluk
Hidup Dikelompokkan? −
Pelajar dapat menganalisis
teknik pengelompokan makhluk hidup dan membuat kunci klasifikasi untuk
mengidentifikasi makhluk hidup di sekitar sekolah/ rumah. |
7
JP |
II
(Genap) |
|
C. Makhluk Hidup
Beraneka Ragam −
Pelajar dapat
menganalisis karakteristik khas setiap kerajaan makhluk hidup dan menjelaskan
peranan makhluk hidup dalam kehidupan manusia. |
8
JP |
II
(Genap) |
|
6. |
Bab 6 Ekologi dan Keanekaragaman
Hayati Indonesia A. Bagaimanakah Pengaruh
Lingkungan terhadap Suatu Organisme? −
Pelajar dapat
menganalisis pengaruh lingkungan terhadap makhluk hidup. |
5
JP |
II
(Genap) |
B. Bagaimanakah
Interaksi antara Komponen Penyusun Suatu Ekosistem? −
Pelajar dapat
menganalisis interaksi antar komponen penyusun suatu ekosistem. |
5
JP |
II
(Genap) |
|
C. Apa Perbedaan
Keanekaragaman Hayati Indonesia dengan di Belahan Dunia Lainnya? −
Pelajar dapat
menjelaskan perbedaan keanekaragaman hayati Indonesia dengan di belahan dunia
lainnya. |
5
JP |
II
(Genap) |
|
D. Bagaimanakah
Pengaruh Manusia terhadap Ekosistem? −
Pelajar dapat
menganalisis pengaruh manusia terhadap ekosistem. |
5
JP |
II
(Genap) |
|
E. Mengapa Harus
Dilakukan Konservasi Keanekaragaman Hayati? −
Pelajar dapat
menjelaskan pentingnya konservasi keanekaragaman hayati. |
5
JP |
II
(Genap) |
|
7. |
Bab 7Bumi dan Tata Surya A. Sistem Tata Surya −
Pelajar dapat
menyebutkan berbagai benda langit dan mendeskripsikan perbedaannya, serta
mengumpulkan informasi yang mendukung pendapat mengenai benda langit yang berpotensi
menjadi Bumi baru bagi manusia. |
6
JP |
II
(Genap) |
B. Bumi dan Satelitnya −
Pelajar dapat
mendeskripsikan perbedaan satelit alami dan buatan, menyebutkan fungsi
satelit alami dan buatan, serta mendeskripsikan akibat gerak Bumi dan benda langit
lainnya terhadap fenomena alam di Bumi. |
6
JP |
II
(Genap) |
|
C. Mengenal Matahari
Lebih Dekat −
Pelajar dapat
menjelaskan peranan Matahari dalam kehidupan. |
8
JP |
II
(Genap) |
|
Jumlah
|
130 |
|
Kepala Sekolah
(Zulfahmi. M, S.Pd.I., S.S) NIP.
........................................... |
|
, ......................
2025 Guru Mata Pelajaran
(Erdawati, S.Pd) NIP.
........................................... |
Untuk mempermudah akses dan pemanfaatan perangkat ajar, kami menyediakan dokumen lengkap yang dapat diunduh secara langsung. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan file:
DOWNLOAD PROGRAM TAHUNAN IPA FASE D KELAS VII
Semoga file yang dibagikan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi yang membantu dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga segala upaya dalam dunia pendidikan selalu diberi kelancaran dan keberkahan.