+6281363851668 Jln Pariaman-Sicincin KM 9 Toboh Mandahiling Balah Aie Kec. VII Koto Sungai Sariak Kab. Padang Pariaman Prop. Sumatera Barat
MTs Balah Aie
Terdepan Dalam Akhlak, Unggul Dalam Prestasi.
Judul Gambar 1
Judul Gambar 1 Caption penjelasan gambar 1
Judul Gambar 2
Judul Gambar 2 Penjelasan isi gambar 2 dan shrink aktif
Home IPA

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) IPA Semester 1 (Ganjil) Fase D Kelas VII



KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) FASE D KELAS VII

 

Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Guru Pengampu            : Erdawati, S.Pd

Satuan Pendidikan        : MTs Balah Aie

Tahun Pelajaran            : 2024 / 2025

Fase D Kelas/Semester  : VII (Tujuh) / I (Ganjil)


NO

DESKRIPSI CP

INTERVAL

Perlu Bimbingan

(0 – 69)

Cukup

(70 – 79)

Baik

(80 – 89)

Sangat Baik

(90 – 100)

1.

Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

A. Apa itu Sains?

       Pelajar dapat menyebutkan cabang-cabang ilmu Sains disertai bidang yang dipelajari dan mengumpulkan serta menyajikan informasi untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan bidang penelitian yang sama

 

 

 

 

2.

B. Laboratorium IPA

       Pelajar dapat mendeskripsikan perbedaan laboratorium IPA dan ruang lainnya.

 

 

 

 

3.

C. Merancang Percobaan

       Pelajar dapat merancang percobaan dengan menggunakan metode ilmiah

 

 

 

 

4.

D. Pengukuran

       Pelajar dapat memilih alat ukur yang tepat digunakan dalam percobaan, melakukan pengukuran dan membaca skala dengan benar.

 

 

 

 

5.

E. Pelaporan Hasil Percobaan

       Pelajar dapat menyajikan data percobaan dalam bentuk tabel dan graik, serta menulis kesimpulan dari suatu percobaan.

 

 

 

 

6.

Review Bab/ Tes Topik

       Mengukur pemahaman pelajar terhadap materi Bab I.

 

 

 

 

7.

Bab 2 Zat dan Perubahannya

A. Wujud Zat dan Model Partikel

       Pelajar dapat menjelaskan perbedaan keadaan partikel dalam zat padat, cair dan gas sehingga memiliki sifat yang berbeda-beda.

 

 

 

 

8.

B. PerubahanWujud Zat.

       Pelajar dapat menjelaskan proses perubahan wujud zat dalam skala partikel dan menginterpretasi wujud zat pada suhu yang bervariasi berdasarkan data titik didih dan titik lebur.

 

 

 

 

9.

C. PerubahanFisika danKimia.

       Pelajar dapat mengidentifikasi perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari sebagai perubahan fisika atau kimia, mendeskripsikan siklus air dan menyebutkan tanda-tanda terjadinya reaksi kimia.

 

 

 

 

10.

D. KerapatanZat.

       Pelajar dapat menentukan massa jenis suatu benda padat, mendeskripsikan pengaruh perbedaan kerapatan zat pada peristiwa mengapung dan tenggelam serta membandingkan kerapatan zat cair berdasarkan percobaan atau gambar lapisan cairan-cairan yang dicampur.

 

 

 

 

11.

Proyek Akhir.

       Merancang percobaan untuk menyelidiki faktor yang mempengaruhi waktu melelehnya es.

       Mengumpulkan data dalam percobaan.

       Menulis laporan percobaan (tugas dirumah).

 

 

 

 

12.

Bab 3 Suhu, Kalor dan Pemuaian

A. Suhu

       Pelajar dapat memahami konsep dan mengukur perbedaan suhu suatu benda.

 

 

 

 

13.

B. Kalor

       Pelajar dapat mendeskripsikan perbedaan suhu dan kalor.

       Pelajar dapat menyebutkan benda-benda yang memiliki kalor jenis yang tinggi.

       Pelajar dapat mengunakan perumusan untuk menghitung besar kalor yang diperlukan suatu benda untuk menaikkan suhunya.

 

 

 

 

14.

C. Pemuaian

       Pelajar dapat menjelaskan pengertian pemuaian.

       Pelajar dapat menyebutkan contoh-contoh pemuaian yang terjadi di lingkungan sekitar.

 

 

 

 

15.

Bab 4 Gerak dan Gaya

A. Gerak

       Pelajar dapat memahami konsep perpindahaan, kecepatan dan percepatan.

 

 

 

 

16.

B. Gaya

       Pelajar dapat mendeskripsikan konsep kelembaman dan resultan gaya.

       Pelajar dapat menyebutkan macam-macam gaya.

       Pelajar dapat menunjukkan pembuktian Hukum Newton melalui percobaan sederhana yang menarik.

 

 

 

 


Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

(Zulfahmi. M, S.Pd.I., S.S)

       NIP. ...........................................

 

                             , ....................... 2025

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

(Erdawati, S.Pd)

       NIP. ...........................................


        Untuk mempermudah akses dan pemanfaatan perangkat ajar, kami menyediakan dokumen lengkap yang dapat diunduh secara langsung. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan file:


     Semoga file yang dibagikan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi yang membantu dalam perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga segala upaya dalam dunia pendidikan selalu diberi kelancaran dan keberkahan.


Komentar
Tertarik untuk mendaftar?

Dapatkan info PPDB sekarang!