Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) IPA Semester 1 (Ganjil) Fase D Kelas VII
KRITERIA
KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA) FASE D KELAS VII
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Guru Pengampu : Erdawati, S.Pd
Satuan Pendidikan
Tahun Pelajaran :
2024 / 2025
Fase D Kelas/Semester : VII
(Tujuh) / I (Ganjil)
NO |
DESKRIPSI CP |
INTERVAL |
|||
Perlu Bimbingan (0 – 69) |
Cukup (70 – 79) |
Baik (80 – 89) |
Sangat Baik (90 – 100) |
||
1. |
Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan
Metode Ilmiah A. Apa itu Sains? −
Pelajar dapat menyebutkan
cabang-cabang ilmu Sains disertai bidang yang dipelajari dan mengumpulkan
serta menyajikan informasi untuk membandingkan dua ilmuwan/ ahli Sains dengan
bidang penelitian yang sama |
|
|
|
|
2. |
B. Laboratorium IPA −
Pelajar dapat mendeskripsikan
perbedaan laboratorium IPA dan ruang lainnya. |
|
|
|
|
3. |
C. Merancang Percobaan −
Pelajar dapat
merancang percobaan dengan menggunakan metode ilmiah |
|
|
|
|
4. |
D. Pengukuran −
Pelajar dapat memilih
alat ukur yang tepat digunakan dalam percobaan, melakukan pengukuran dan
membaca skala dengan benar. |
|
|
|
|
5. |
E. Pelaporan Hasil Percobaan −
Pelajar dapat
menyajikan data percobaan dalam bentuk tabel dan graik, serta menulis
kesimpulan dari suatu percobaan. |
|
|
|
|
6. |
Review Bab/ Tes Topik −
Mengukur pemahaman
pelajar terhadap materi Bab I. |
|
|
|
|
7. |
Bab 2 Zat dan Perubahannya A. Wujud Zat dan Model Partikel −
Pelajar dapat
menjelaskan perbedaan keadaan partikel dalam zat padat, cair dan gas sehingga
memiliki sifat yang berbeda-beda. |
|
|
|
|
8. |
B. PerubahanWujud Zat. −
Pelajar dapat
menjelaskan proses perubahan wujud zat dalam skala partikel dan
menginterpretasi wujud zat pada suhu yang bervariasi berdasarkan data titik
didih dan titik lebur. |
|
|
|
|
9. |
C. PerubahanFisika
danKimia. −
Pelajar dapat
mengidentifikasi perubahan zat dalam kehidupan sehari-hari sebagai perubahan
fisika atau kimia, mendeskripsikan siklus air dan menyebutkan tanda-tanda
terjadinya reaksi kimia. |
|
|
|
|
10. |
D. KerapatanZat. −
Pelajar dapat
menentukan massa jenis suatu benda padat, mendeskripsikan pengaruh perbedaan
kerapatan zat pada peristiwa mengapung dan tenggelam serta membandingkan
kerapatan zat cair berdasarkan percobaan atau gambar lapisan cairan-cairan
yang dicampur. |
|
|
|
|
11. |
Proyek Akhir. −
Merancang percobaan
untuk menyelidiki faktor
yang mempengaruhi waktu melelehnya es. −
Mengumpulkan data
dalam percobaan. −
Menulis laporan
percobaan (tugas dirumah). |
|
|
|
|
12. |
Bab 3 Suhu, Kalor dan Pemuaian A. Suhu −
Pelajar dapat memahami
konsep dan mengukur perbedaan suhu suatu benda. |
|
|
|
|
13. |
B. Kalor −
Pelajar dapat
mendeskripsikan perbedaan suhu dan kalor. −
Pelajar dapat
menyebutkan benda-benda yang memiliki kalor jenis yang tinggi. −
Pelajar dapat
mengunakan perumusan untuk menghitung besar kalor yang diperlukan suatu benda
untuk menaikkan suhunya. |
|
|
|
|
14. |
C. Pemuaian −
Pelajar dapat
menjelaskan pengertian pemuaian. −
Pelajar dapat
menyebutkan contoh-contoh pemuaian yang terjadi di lingkungan sekitar. |
|
|
|
|
15. |
Bab 4 Gerak dan Gaya A. Gerak −
Pelajar dapat memahami
konsep perpindahaan, kecepatan dan percepatan. |
|
|
|
|
16. |
B. Gaya −
Pelajar dapat
mendeskripsikan konsep kelembaman dan resultan gaya. −
Pelajar dapat
menyebutkan macam-macam gaya. −
Pelajar dapat menunjukkan
pembuktian Hukum Newton melalui percobaan sederhana yang menarik. |
|
|
|
|
Mengetahui, Kepala Sekolah
(Zulfahmi. M, S.Pd.I., S.S) NIP.
........................................... |
|
, .......................
2025 Guru Mata Pelajaran
(Erdawati, S.Pd) NIP.
........................................... |